" Selamat Datang Di Blog Kami "

Ikuti Terus Perkembangan Teknologi & Informasi

Kamis, 07 April 2011

Graphical User Interface (GUI)

Nama : Ridwan
Nim    : 12101344
kelas  : 12.3B.07



I. Pendahuluan

       Graphical User Interface (GUI) adalah bentuk dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang berbentuk grafis dan sangat atraktif. Contoh antarmuka manusia dan komputer yang berbentuk grafis menggunakan pemrograman visual yaitu : Visual Basic, Visual Foxpro, Delphi dan lain-lain.
      Sistem Operasi Windows merupakan sistem operasi berbasis Grafis. Windows menyediakan suatu pustaka yang berisi kumpulan dari ratusan fungsi yang disebut Windows API (Application Programming Interface). Pemrograman grafis pada sistem operasi windows selalu menggunkan antar muka yang disebut GDI (Graphics Device Interface).

       Dalam pembahasan GUI akan digunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0. Visual Basic 6.0 merupakan salah satu bahasa pemrograman yang mendukung GUI. Desain suatu program grafis ditentukan oleh komposisi gambar-gambar yang digunakan meliputi letak dari obyel gambar pada screen (Sistem Koordinat), Tata warna yang digunakan (pewarnaan), Ukuran dll.

II. Sistem Koordinat
       Sistem Koordinat merupakan letak dari obyek gambar di monitor. Sebagian besar kegiatan pada pemrograman grafis bekerja dengan sistem koordinat, seperti berpindah tempat, perubahan ukuran dan sebagainya. Hal-hal tersebut akan terlihat jika anda membuat program animasi.
      Sistem Koordinat pada pemrograman Windows terdiri dari :
   a. Koordinat Fisik
  • Merupakan koordinat yang dipakai oleh peralatan fisik (Ex: Layar Monitor).
  • Layar Monitor mempunyai titik Pusat koordinat fisik dikiri atas dengan sumbu "X" positif berasal dari pusat menuju ke kanan dan sumbu "Y" positif berasal dari puasat menuju ke bawah.
  • Digunakan penulisan (x,y), diimana standart awal berada di (0,0) yaitu pada titik paling kiri atas obyek yang akan didefinisikan koordinatnya.
   b. Koordinat Logika
  • Merupakan koordinat yang dipakai dalam program
  • Windows akan memetakan sistem koordinat logika dalam koordinat fisik
III. Pengaturan Warna (Pewarnaan)

       Pemakaian warna dalam pemrograman grafis bisa dikatakan sangat dominan. Pemakaian kombinasi warna yang serasi akan membuat tampilan obyek lebih menarik. Visual Basic 6.0 menyediakan fungsi RGB (Red Green Blue)., pada dasarnya seluruh warna yang ada bermula dari Merah, Hijau dan Biru. Semua warna bisa dihasilkan dari campuran ketiga warna primer tersebut. Setiap warna primer dinyatakan dengan bilangan bulat antara 0 sampai dengan 225, Jika nilai yang diberikan lebih dari 225 maka nilai tersebut akan di anggap nilai 225. Model warna pada windows bisa menangani jumlah warna maksimal : 256 x 256 x 256 = 16777216 / 16,8 juta warna.

IV. Membuat Grafik

       Langkah-langkah dalam pembuatan Grafik :
  1. Aktifkan Komponen grafik dengan cara buka menu Project dan klik Components.
  2. Pada kotak dialog Components klik tab Control.
  3. Berikan checklist pada Microsoft Chart Control.
  4. Muncul ikon MSChart.
V. Membuat Garis

       Membuat Garis dapat dilakukan dengan mengklik icon Line pada toolbox. Pilih jenis garis yang diinginkan.
       0 - Transparant : Bentuk garis tidak ditampilkan
       1 - Solid : Bentuk garis utuh
       2 - Dash : Bentuk garis terputus-putus dalam bentuk garis
       3 - Dot : Bentuk garis terputus-putus dalam bentuk Titik
       4 - Dash-Dot : Bentuk garis terputus-putus dalam bentuk garis dan titik
       5 - Dash-Dot-Dot : Bentuk garis terputus-putus dalam bentuk garis dan dua titik
       6 - Inside Solid : Bentuk garisnya sama dengan solid

VI. Membuat Cirle

      Digunakan untuk menggambar lingkaran, elips atau garis lengkung. Bentuk penulisan dari metode circle adalah sbb :
  • Objeck Circle (step) (x,y), Radius, (Color, start, end, aspect).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar