" Selamat Datang Di Blog Kami "

Ikuti Terus Perkembangan Teknologi & Informasi

Senin, 28 Maret 2011

Backup Data

Nama : yucke fardiyansyah
Nim    : 12101277
Kelas  : 12.3B.07
    
Membuat cadangan (backup) data merupakan hal yang sangat penting, terutama bagi kalangan bisnis dan profesional dimana data merupakan aset yang penting dan berharga. Jika sistem komputer mengalami kerusakan total, untuk memperbaikinya, anda tinggal membalikan data yang pernah dicadangkan tersebut pada lokasi asalnya.

       Terdapat banyak cara membuat cadangan data tersebut. Ada yang secara online dimana data diproses secara terus-menerus sehingga cadangan data menjadi akurat. Ada yang membuat cadangan data per waktu tertentu, misalnya per tahun, bulan, minggu, hari.
       Pada saat ini, terdapat banyak utility Backup Data yang beredar, seperti pada utility Ahead Nero versi 6.3, Roxio Easy Media Creator versi 7, Norton Ghost 2003, dan utility Windows Backup dari sistem opersai Windows XP. Utility tersebut dapat digunakan untuk membuat cadangan (proses Backup) sebagian atau seluruh data yang ada pada sistem komputer dan mengembalikan (proses Restore) sebagian atau seluruh data yang pernah dicadangkan tersebut.

Windows Backup

       Anda dapat membuat cadangan data melalui standarutility sistem operasi windows, yaitu Windows Backup. Pada Artikel ini, penulis akan membahas utility windows Backup dari sistem windows XP, karena sistem operasi tersebut telah mendukung media CD-R/CD-RW dan DVD-R/RW.
      Untuk mengakses utility windows backup, gunakan menu Start submenu All Program folder Accessories subfolder System tools. Pemakaian pertamanya membuat sistem menampilkan kotak dialog berlabel Backup or Restore Wizard. Pada saat itu, anda dapat mempasifkan bagian berlabel always start in wizard mode untuk meminta sistem agar tidak menampilakan kotak dialog tersebiut pada pemakaian berikutnya.

      Jika bagian berlabel Always start in wizard mode dipasifkan, pemakaian berikutnya membuat sistem menampilkan kotak dialog Backup Utility. Hal yang sama juga terjadi jika melakukan klik mouse pada bagian berlabel Advanced Mode pada kotak dialog berlabel Backup or Restore Wizard.
       Pada kotak dialog utama utility windows backup, anda dapat menggunklan lembar proses berlabel :

  • Welcome
        Untuk proses Backup / Restore melalui fasilitas wizard, termasuk pembentukan disket untuk boot sistem kom[puter (fasilitas system rocovery) yang diperlukan ketika sistem komputer yang mengalami kerusakan tidak mau diaktifkan.
  • Backup
         Untuk proses Backup secara Manual
  • Restore and Manage Media
          Untuk Proses Restore secara manual
  • Schedule Jobs
          Untuk Mengatur Proses backup / Restore secara otomatis

       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar